29 Juni 0 25

Untung Sebesar $278 579 dalam 60 Hari dengan e-Commerce Shopify

Hari ini kami berbagi dengan Anda sebuah studi kasus dari Harry Coleman, seorang pengusaha e-Commerce yang mampu menghasilkan lebih dari $1 200 000 hanya dalam jangka waktu 2 bulan dengan melakukan dropshipping lewat toko Shopify nya.

Dalam studi kasus ini, kami akan menjelaskan kepada Anda bagaimana dia bisa memulai dan menskalakan toko ini menggunakan Facebook Ads. Kami akan merinci strategi pengujian iklan Facebook nya, strategi penskalaan (scaling), metode pemenuhan produk yang digunakan dalam kapasitas skala besar, dan  keuntungan yang telah dia hasilkan dalam 60 hari.

Bukti Pendapatan

Gambar di atas adalah toko Shopify nya yang telah menghasilkan pendapatan $1 278 743,47 di antara kurun waktu 1 September sampai dengan 31 Oktober. Dia menghasilkan yang terbesar sekitar $37 000 dan tentunya seperti hal lumrah yang terjadi pada seseorang yang berjualan, ada hari hari dimana ketika pendapatannya turun. Hal ini juga disebabkan karena issue umum akun Facebook Ads yang akan kami bahas di artikel ini.

Ad account 1

Ad account 2

Gambar di atas menunjukkan 2 akun iklan Facebook yang telah dia gunakan untuk menjalankan iklan. Keduanya dari tanggal 1 September hingga 31 Oktober. Akun iklan ke 1 menghabiskan hampir $398 723 dan menghasilkan $886 682 dengan ROAS 2,2 sementara itu untuk akun iklan ke 2 telah menghabiskan $124 755 dan menghasilkan $247 909 dengan ROAS 1,99. Bagi yang belum mengetahui, apa itu ROAS. ROAS adalah kepanjangan dari Return On Ad Spend atau matriks marketing yang  digunakan untuk mengukur keampuhan strategi iklan. Secara garis besar, matriks ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah campaign iklan yang telah dijalankan tersebut dapat menguntungkan atau malah merugikan bisnis Anda. Kembali ke pembahasan artikel.

Sisa pendapatan nya berasal dari aliran troli yang ditinggalkan oleh email marketing. ROAS Facebook nya tidak tinggi karena ia telah membelanjakannya di skala antara $10 000 sampai dengan $20 000/hari sambil menargetkan viewers terbaru.

Strategi Pengujian

Strategi pengujian Harry telah diringkas sebagai berikut:

  • Campaign konversi website — Pembelian (Anggaran Set Iklan)
  • 8-10 audiens (50% menargetkan AS dan 50% menargetkan negara Non AS)
  • 2-3 materi iklan
  • Anggaran 8$-15$ per set iklan
  • Pengecualian pembelian dari 180 hari sebelumnya
  • Penempatan Facebook&Instagram feed

Sasaran dari strategi pengujiannya adalah untuk memastikan bahwa ia menemukan viewers dan materi iklan pemenang yang dapat ditingkatkan sekaligus diuji lebih lanjut.

Campaign pengujian Harry biasanya berisi 8 set iklan yang memiliki 4 minat serupa yang dapat diduplikasi dua kali. Satu satunya perbedaan adalah bahwa 4 set iklan menargetkan AS dan 4 lainnya menargetkan negara non AS seperti Inggris. Dia biasanya menguji dengan anggaran $10 per set iklan seperti yang Anda lihat di screenshot nya pada hari pertama pengujian campaign ini.

Menghasilkan Uang dari Play-To-Earn Games Tanpa Investasi: $134 dalam 7 Hari Lewat Trafik Youtube

Dia telah  menghabiskan $84 dan mendapatkan 7 penjualan dan ROAS 3,29 pada hari pertama, cukup beruntung memang. Namun, keberuntungan tersebut datang setelah analisis pemilihan produk yang tepat.

Metrik metrik utama lainnya yang ia fokuskan saat menguji strategi ini meliputi hal hal sebagai berikut:

  • RKPT (CTR) ads yang dia pastikan lebih tinggi dari 1%
  • CPM (cost per mille) yang dia pastikan kurang dari $10
  • Persentase iklan ke trolu yang dia pastikan lebih dari 10%
  • Jumlah penjualan

Ini adalah metrik yang dapat menunjukkan apakah Anda memiliki produk unggulan atau tidak.

Strategi Scaling

Dalam hal penskalaan, Harry menggunakan CBO. Bagi yang belum mengetahui apa itu CBO, CBO adalah Campaign Budget Optimisation. Ini adalah langkah-langkah yang dia ambil untuk membentuk dan menskalakan CBO:

  • Mengidentifikasi audiens yang menang dengan 5+ penjualan dan setidaknya sekitar $50 dalam pembelanjaan iklan yang menguntungkan.
  • Memindahkan audiens dengan lebih dari 10 juta pengguna ke satu CBO.
  • Memindahkan audiens dengan kurang dari 10 juta pengguna ke satu set iklan dan menempatkan set iklan ini di CBO lain.
  • Menggunakan materi iklan pemenang dari pengujian awal. Jika 1 maka dia menggandakannya 2 atau 3 kali.
  • Menggunakan semua penempatan iklan.
  • Anggaran bervariasi tergantung pada kinerja setiap set iklan. Namun sebagai aturan, ini bisa menjadi 1-3x CPA per materi iklan. Misalnya $25x2 = $50x6 = $300.
  • Meningkatkan CBO yang menguntungkan sebesar 20% setiap 4-5 hari.
  • Menduplikasi kampanye ke akun iklan atau pengelola bisnis lain.


Penargetan Ulang

Harry pun telah menyiapkan penargetan ulang dengan cara berikut:

  • TOF (Top of the funnel) bertindak seperti duplikasi penonton yang sangat mirip. Dalam campaign ini, audiens TOF berkonversi pada ROAS 2,16x.

  • MOF (Middle of the funnel) adalah audiens yang telah melihat produk tetapi tidak membeli. MOF-nya berada pada ROAS 3,26x.

  • BOF (Bottom of the funnel) adalah audiens yang menambahkan barang ke troli tetapi tidak membeli. BOF-nya berada di 5x ROAS.


Strategi Upselling

Harry juga menggunakan strategi upsell sekali klik. Upselling termasuk penting karena dapat membantu meningkatkan AOV (Average Order Value).

Dia mengatur upsell-nya dalam 3 cara berikut ini:
 

  • Penawaran upsell pasca pembelian

Terjadi saat seseorang membeli produk dan setelah mereka membayarnya, mereka mendapatkan penawaran. Penawaran umumnya produk yang sama tetapi dengan harga diskon.
 

  • Down-sell

Jika pelanggan menolak tawaran pasca pembelian, maka dia akan diperlihatkan down-sell yang merupakan produk yang sama tetapi dengan diskon yang jauh lebih besar.

Cara Membangun Hubungan Asli dengan Lebih dari 10 000 Influencer dan Menghemat Lebih dari $300 000 Pengeluaran Iklan Setiap Bulan

Di toko ini, Harry membagi pengujian dua produk untuk down-sell. Produk asli dan produk pengganti. Sebagian besar pelanggan lebih tertarik membeli produk pengganti.
 

  • Penawaran upsell pasca pembelian kedua

Untuk pelanggan yang setuju pada penawaran yang dijual lalu diturunkan, dia akan menunjukkan kepada mereka penjualan gratis yang lebih tinggi lagi.


Penanganan Pemenuhan Produk

Menangani sumber dan pemenuhan produk dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pengirim barang dropship terutama saat menjalankan iklan dalam skala besar. Harry menggunakan langkah-langkah berikut untuk menangani sumber dan pemenuhan untuk toko ini:

  1. Sumber dari Aliexpress selama periode pengujian (Jangan pernah menskalakannya).
  2. Mencari agen, sekali dapat mencapai 20-30 pesanan.
  3. Memilih perusahaan pelayaran yang sesuai.

Catatan: Cara terbaik untuk menemukan agen adalah dengan menanyakan apakah agen itu termasuk first hand Ali express dan apakah mereka menggunakan DianXiami atau dengan meminta referensi di grup Facebook.

Untuk pengiriman dia menggunakan:

  • USPS Fast line ke AMERIKA SERIKAT (8-15 hari)
  • Royal Mail ke Inggris (7-14 hari)
  • 4PX dan Yunexpress ke negara UNI EROPA lainnya (10-17 hari)
  • DHL untuk pemesanan tiket tinggi (3-5 hari)

Harry menyarankan bahwa semakin awal Anda berpindah dari Aliexpress, maka akan semakin baik. Bekerja dengan agen dapat membantu Anda berbuat lebih baik dalam hal branding produk, dan mendapatkan paket yang dibuat khusus dengan nama merek (brand) Anda sendiri.

Nominal

  • Pendapatan: $1 278 743.47
  • Pembelanjaan Iklan: $523 478
  • Marketing ROAS: 2.44x

Pengeluaran

  • Pembelanjaan Iklan: $523 478
  • Biaya Barang: $418 445.50
  • Biaya: $49 870.99
  • Virtual assistants: $8 368.50
  • Total pengeluaran: $1 000 163.96

Profit Bersih: $278 579

Margin: 21.7%

Kesimpulan

Harry telah berhasil meraup keuntungan $278 579 dalam jangka waktu dua bulan dengan menjalankan campaign skala tinggi di Facebook.

Untuk menskalakan tingkat ini, Harry menyarankan bahwa penting untuk menggunakan 2 atau lebih akun iklan yang berada di Business Manager secara terpisah. Ini akan membantu Anda memiliki cadangan jika satu akun dihapus.

10 Negara Teratas Dengan Tarif CPM Facebook Tertinggi dan Terendah di 2022

Dan juga sebelum Anda menskalakan secara besar besaran, pastikan pemasok (distributor) Anda mengirimkan produk kepada Anda sehingga Anda dapat selalu membuat konten khusus seperti video dan gambar. Anda harus berada dalam posisi di mana Anda dapat membuat konten yang terpisah (tidak menyertakan diri Anda) dari marketing lain yang akan mencoba menyalin produk Anda ketika mereka melihat iklan Anda lewat tools spy.

Bagaimana Anda menyukai artikel ini?
#shopify